Tips

Read more »

News Unik

Read more »

Read more »

Jemuran Bra Jadi Wisata Unik di Selandia Baru





CENTRAL OTAGO- Ada-ada saja. Jemuran bra yang terdapat di Central Otago menjadi daya tarik sendiri bagi wisata di Selandia Baru.

Tempat ini dinamakan Pagar Bra Cardrona. Tempatnya pun hanya sekedar kawat pembatas jalanan dengan rerumputan.

Bermula dari empat buah bra yang terpampang di pagar yang cukup panjang tersebut di awal tahun 1999. Tidak ada yang tahu apa alasan pertama kali memajang empat bra tersebut. Lama kelamaan wanita yang lewat melepas bra dan memasangnya di kawat tersebut.


Pemerintah setempat yang gerah melihat jemuran bra sembarang tersebut kemudian melakukan pembersihan di bulan Februari terhadap puluhan bra di tempat tersebut. Pemberitaan pun meluas, bukannya berhenti, jumlah bra di tempat tersebut pun semakin bertambah hingga berjumlah ratusan.

Pembersihan kedua yang dilakukan tahun 2000 semakin memperluas informasi dan pemberitaan kepada masyarakat.

Kini tempat tersebut menjadi lokasi wisata yang unik di Selandia Baru.
Read more »

10 Panduan Lengkap Jelajahi Portugal





REPUBLIK Portugal adalah sebuah negara di Eropa bagian barat daya. Negara ini berbatasan dengan Spanyol di sebelah utara dan timur. Di sebelah barat berbatasan dengan Samudera Atlantik.

Jika Anda ingin mengunjungi Portugal, panduan lengkap dari Gill Charlton berikut memberikan sepuluh alasan untuk mengunjungi negara musim panas ini.

Portugal terus menawarkan beberapa liburan terbaik-nilai di zona Eropa, meskipun untuk beberapa alasan kebanyakan dari kita enggan untuk menjelajahi luar pantai spektakuler Algarve.

Beberapa wilayah pedalaman, dan puluhan kota-kota bersejarah juga layak untuk Anda eksplorasi. Berikut adalah 10 alasan yang baik untuk mengunjungi negara musim panas ini, diikuti dengan panduan lengkap untuk liburan Anda, yang dinukil dari Telegraph.

1. Penerbangan ekstra di Lisbon


Dengan kehadiran penerbangan ekstra EasyJet membuat Lisbon salah satu pusat Eropa, sehingga diharapkan lebih banyak pilihan penerbangan regional ke kota baroque yang indah.

Maskapai penerbangan ini sekarang terbang ke Lisbon dari lima bandara Inggris, termasuk Edinburgh. Ada juga penerbangan baru yang langsung berangkat dari Madeira ke Gatwick, Stansted, dan Bristol.

2. Martinhal Beach Resort


Tempat yang paling banyak dibicarakan untuk liburan keluarga adalah Martinhal Beach Resort dekat Sagres. Barat jauh Algarve pernah melestarikan para surfer dan akan menarik bagi mereka yang menyukai pantai Cornwall Utara.


Martinhal tengah ditampilkan oleh banyak perusahaan wisata untuk pertama kalinya di musim panas ini. Mereka mengatakan, mereka seperti campuran dari hotel butik berbintang lima (hanya 38 kamar) dan town houses yang memilki konsep alun-alun desa. Resor ramah hiburan dengan restoran yang baik, dilengkapi bar, taman bermain anak-anak, dan area indoor serta outdoor berupa kolam renang. Anda dapat melihat Marinhal melalui www.martinhal.com.

3. Pantai Vicentine


Mereka yang menemukan pantai Algarve terlalu ramai harus menuju pantai Vicentine di Alentejo. Pantai yang satu ini mudah dicapai dengan menggunakan jalan tol sebelah barat dari Faro.

Pantai Vicentine merupakan sebuah taman alam yang dilindungi di mana tebing tinggi terkikis oleh Atlantik menjadi bentuk yang fantastis dan menyapu ke untaian berpasir yang panjang. Vila Nova de Milfontes adalah resor paling menarik di sana, meskipun desa Almograve dan Zambujeira Mar memiliki pantai terbaik lainnya.

4. Resor Algarve


Resor Algarve di Carvoeiro populer di tengah-tengah banyak keluarga, terutama jika banyak memiliki anggota keluarga remaja.

Algarve lebih aman dari resor lainnya yang lebih besar dan memiliki bar lengkap dengan fasilitas live music, dan orangtua bisa mengawasi hal-hal yang dilakukan anak-anaknya dari salah satu restoran yang terletak di area outdoor.

Pantai di resor ini penuh sesak saat musim panas, tetapi terbayar dengan kehadiran pantai berpasir yang luar biasa dalam perjalanan singkat tersebut.

5. East of Faro


Tavira, yang terletak di timur Faro umum dikunjungi wisatawan Inggris. Convento da Graca, sebuah Pousada abad ke-16 yang telah direnovasi sangat populer karena menawarkan pelayanan prima.

Saat Anda memilih untuk tidak berkendaraan, Anda bisa naik kereta di sepanjang pantai sejauh Lagos di sebelah barat dan Vila Real de Santo Antonio di perbatasan Spanyol. Duduk di samping pantai berpasir Cabanas yang panjang menjadi menu pembuka untuk keberangkatan perjalanan perahu melalui cagar alam Formosa Ria.

6. Sintra yang romantis


Sebuah tempat romantis abad ke-19 menjadi favorit. Tak heran jika tempat tinggal musim panas kerajaan Sintra sedang ditemukan oleh wisatawan generasi baru. Hotel di wilayah ini telah direnovasi untuk memberikan kenyamanan modern di balik keanggunan dunia lama.

Palacio de Seteais, yang memiliki suasana santai meskipun status bintang lima, adalah tempat tinggal untuk acara khusus. Ada perjalanan yang indah, dengan pemandangan panorama, melalui bukit-bukit berhutan.

7. Posh Porto

Porto merupakan kota yang luar biasa, kombinasi dari toko-toko kuno yang banyak menjual korset, kue krim, dan sepatu clodhopping, serta desain modern yang mencolok, terutama Serralves Museum of Contemporary Art dan rumah akustik yang terkenal House of Music.


Lima tahun yang lalu, wilayah ini tidak memiliki hotel bintang lima dan bintang empat. Saat ini, ada selusin hotel mewah, termasuk Yeatman, Teatro Hotel, Carris Porto Ribeira, dan hotel yang baru direnovasi Grande Hotel do Porto.

8. Madeira yang bersejarah


Untuk semakin menikmati kota bersejarah Madeira, tinggallah di Quinta. Pasalnya, banyak dari rumah-rumah negara telah diberikan dan dijadikan sebagai hotel bintang empat dan lima.

9. Wisata paus di Azores


Azores adalah tempat wisata paling spesial di Portugis, karena kebanyakan wisatawan senang mengunjunginya. Sebuah pilihan akomodasi baru telah memberikan beberapa penawaran yang bagus, khususnya di luar musim ombak, yang dapat dikombinasikan dengan penerbangan langsung dari Inggris.


Penangkapan ikan paus pernah menjadi andalan ekonomi pulau-pulau di Kepulauan Azores. Perjalanan mengumpulkan ikan paus dan lumba-lumba selama seminggu yang dipimpin oleh seorang ahli biologi laut terkemuka jadi bagian wisata di sini.

10. Gunung Estrella

Serra da Estrela, pegunungan tertinggi di Portugal. Banyak uang Uni Eropa telah disuntikkan ke dalam proyek-proyek pariwisata dan kerajinan di sini, dan ada beberapa restoran yang baik di tempat-tempat terpencil ini.


Salah satu tempat wisata yang baik adalah kota Belmonte, dengan benteng abad ke-13 dan masyarakat Yahudi yang hidup di dalamnya. Ini juga merupakan gerbang ke daerah terpencil abad pertengahan Baixa Beira.
courtesy okezone.com
Read more »

Gambaran Negara Belanda abad 17 ( saat menjajah indonesia )






Ingin mengetahui gambaran kehidupan negeri yang 3,5 abad menjajah Nusantara pada abad 17-18? Zaanse Schans adalah daerah tujuan wisata di Belanda yang layak untuk didatangi.

Daerah ini seperti museum hidup, masih dapat dilihat dari lingkungan, suasana desa, rumah, hingga aktivitas industri rumahan yang disajikan.

Zaanse Schans merupakan sebuah dusun kecil di sepanjang jalur Sungai Zaan, di Belanda Utara. Dusun ini sengaja dipelihara untuk menghadirkan kehidupan Belanda pada abad 17-18.

Di situ kita dapat menjumpai rumah-rumah mungil terbuat dari kayu berwarna hijau. Beberapa rumah kuno sengaja didatangkan dari daerah lain, demi menghadirkan suasana asli.

Di belakang rumah biasanya ada semacam jembatan kayu yang juga kecil untuk menyeberangi parit. Halaman rumah merupakan taman yang indah dengan aneka tanaman bunga dan sedikit sayuran untuk konsumsi pribadi penghuninya.

Belanja Kelompen

Di desa ini pula kita dapat menyaksikan sejumlah produk tradisional Belanda dibuat. Antara lain kelompen atau bakiak yang sangat populer itu, juga porselen, kerajinan timah, dan keju.

Di rumah pembuatan keju itu kita bukan hanya dapat melihat bagaimana keju dibuat, tetapi sekaligus menyaksikan pembuatnya dibalut pakaian tradisional negeri di bawah permukaan laut ini.

Sudah barang tentu, jika telah puas melihat-lihat bagaimana semua barang-barang itu dibuat, kita bisa membelinya untuk oleh-oleh. Ukuran dan jenis keju, kelompen, maupun porselen dan kerajinan dari timah sangat beragam, sehingga pengunjung bisa memilih sesuai selera dan kemampuan.

Di desa itu pula kita dapat mengunjungi sejumlah kincir angin yang dipergunakan untuk industri. Pada bulan November hingga Februari kebanyakan kincir hanya dibuka untuk umum pada akhir pekan. Kincir cat De Kat dan kincir minyak De Zoeker buka setiap hari hanya selama bulan Maret hingga Oktober.

Sebagai negara yang sangat menyukai detail dan gemar pada sejarah, museum juga terdapat di Zaanse Schans. Antara lain Zaans Museum, The Clock Museum, toko grosir Albert Heijn yang pertama, Bakery In de Gecroonde Duykvekater, dan The Noorderhuis.

Jika bepergian sendiri, tidak bersama rombongan tur yang biasanya hanya punya waktu sangat singkat di sebuah daerah tujuan wisata, kita dapat menghabiskan waktu seharian di desa ini.

Jika tidak mau terlalu capek berjalan kaki, kita dapat menjelajahi desa ini dan menikmati suasana dan pemandangannya dengan bersepeda. Jangan lupa, ini Belanda, negeri berjuta sepeda.

20 Menit dari Amsterdam

Bagaimana kita bisa sampai di tempat ini? Dari Amsterdam Central Station, dengan kereta api kita hanya butuh waktu 20 menit dan melewati empat stasiun. Ambil jurusan langsung Alkmaar ke Koog-Zaandiijk.

Dari stasiun tinggal ikuti tanda hijau ke Zaanse Schans, dengan berjalan kaki kita hanya butuh waktu 15 menit. Sesampai di jembatan untuk menyeberangi sungai Zaan, kita akan menemukan pemandangan yang luar biasa indah.

Jika mau naik bus, dari stasiun Amsterdam kita menuju stasiun Zaandam, dad situ tiap jam ada bus nomor 88 yang langsung ke jurusan Zaanse Schans. Bus berhenti di kincir angin de Bleeke Dood in Koog aan de Zaan. Dari situ kita akan berjalan kaki sekitar 7 menit menuju Zaanse Schans.

Karena acaranya banyak jalan-jalan, gunakan sepatu dan pakaian yang sesuai. Yang jelas, untuk masuk ke dusun wisata ini tidak dipungut biaya, dan terbuka sepanjang musim. Tidak perlu khawatir kelaparan, sebab di situ juga ada restoran dan kantin. Syaratnya, jangan mencari makanan dan minuman asli abad 17.
Read more »

10 Cuaca Paling Aneh di Dunia




1. Sea Monster or Spinning Water?


Monster Loch Ness mungkin hanya pusaran air yang terlalu aktif. Angin puyuh kecil, biasanya disebut water devil, bisa terbentuk diatas air hangat, membawa air ke atas dan membentuk semacam saluran di atas permukaan air.

Water devil ini bisa berputar-putar tak beraturan, kadang mengeluarkan suara desis dan blekutuk blekutuk (ada yang ngerti blekutuk-blekutuk? Hehehe. Suara semacam buble gitu lah). Suara berisiknya ini ditambah bentuk seperti leher yang panjang bisa memberi kesan orang yang melihat bahwa ada monster laut mulai muncul mau makan

2. Ice Fall / Bomb



Banyak orang yang pernah merasakan berada di tengah badai besar tahu mengenai bongkah atau potongan es , biasanya besarnya tidak lebih dari bola softball, yang berjatuhan dari awan badai. Tapi jarang yang menjumpai ukuran lebih besar dari bola softball (rekor seberat 80 pon) jatuh dari langit, membuat orang terkejut lalu hancur berkeping-keping waktu sampai ke tanah.

Yang lebih misterius bongkah raksasa kadang jatuh padahal tidak ada awan di langit. Beberapa kejadian mungkin tercatat jatuh dari pesawat, tapi lebih banyak yang tidak diketahui apa penyebabnya.

3. St. Elmo's fires



Selama terjadai badai petir, banyak orang melaporkan melihat bola-bola api, menari di atas kapal, galah panjang, tanduk sapi. Bola kecil, dan berkilauan ini disebut api St. Elmo. Lecutan listrik statis yang terjadi sepanjang badai petir dan menyambar obyek yang tinggi. Ini bisa terjadi sebelum petir menyambar.

4. Sprites, Jets and Elves, Oh My!



Selama bertahun-tahun, para pilot telah melaporkan melihat kilatan cahaya berwarna aneh dari puncak awan badai, biasanya banyak yang sangsi, tapi sekarang ilmuwan sudah menemukan bukti bahwa tipe petir aneh ini benar-benar ada. Peri merah (red sprites) adalah kilatan cahaya merah yang naik setinggi 50 mil diatas bumi, biasanya muncul berbarengan 2 atau lebih.

Sepupu mereka blu jet, adalah sinar kebiru-biruan berbentuk kerucut yang letaknya di atmosfir lebih rendah dari peri merah. Terjadi pada saat berbarengan dengan peri merah adalah elves, berbentuk kue dadar yang menyala merah terbentuk dari panasnya petir.

5. Whirlwinds of Fire




Meski yang ini tidak seganas tornado, dust evil bisa keliatan serem. Angin beliung ini, adalah versi kecil dari tornado yang berasal dari panas yang ekstrim di tanah, dan menyebabkan udara diatasnya naik dan angin yang menyebabkan udara yang naik berputar.

Angin puting beliung ini akan membawa debu-debu di tanah, makanya dinamai dust evil. Sodaranya yang lebih ngeri adalah fire evil, yang terbentuk dari panas yang ekstrim dan membentuk putaran api yang menyala.

6. Once in a Blue Moon


Pikirkan istilahnya, Bulan biru…Hmmm..biasanya sih merujuk pada kejadian dua setengahtahunan waktu purnama terjadi dua kali sebulan, jarang banget terjadi bulan keliatan biru. Kebakaran hutan dan letusan gunung bisa menyemburkan abu dan jelaga ke atmosfir dimana ini akan bercampur dengan tetesan air. Campuran ini bisa terbawa angin ribuan mil berkeliling dunia dan kadang-kadang membiaskan cahaya bulan dan membuatnya tampak kebiru-biruan.

7. Seeing Triple ( Sun Dog )



Meski cuaca lagi cerah, mataharinya terang banget, langit bisa memberi kejutan, setidaknya untuk mata. Jika matahari dekat banget dengan horizon dan ada awan cirrus di langit, kadang matahari bisa muncul terpantul di kedua sisinya juga, sehingga memberi kesan tiga matahari muncul berbarengan di langit.

Kawai, Matahari ‘hantu’ ini sebenarnya warna cerah dari titik cahaya yang diciptakan oleh matahari yang dibelokkan oleh kristal di awan yang tinggi. Fenomena pandangan mata yang umum tapi nggak selalu muncul.

8. The sky is bleeding ( hujan berwarna merah / hujan darah )


Darah menetes dari langit kedengarannya kok kayak film horor Hollywood yah? Tapi hujan berwarna merah tua dilaporkan sejak jaman ancient Roman. Meski hujan ini membuat ngeri orang-orang, hujan ini sebenarnya bukan darah. Ini disebabkan oleh debu atau pasir yang tertiup ke atmosfir dan terbawa oleh angin dengan jarak yang sangat jauh akhirnya bercampur dengan awan hujan dan memberi warna pada hujan itu sendiri.


Di Eropa hujan merah ini biasanya diwarnai oleh debu yang terbawa menyebrangi benua berasal dari badai pasir Sahara. Hujan berwarna yang lain bisa terjadi karena obyek-obyek lain (pollen bisa membuat hujan kuning, debu dari tambang batu bara bisa membuat hujan hitam, bahkan beberapa debu bisa membuat hujan susu putih.

9. Greats Balls is Fire / ball lightning


Selama berabad-abad, orang-orang melaporkan keanehan listrik menyerang rumah mereka, biasanya selama badai petir. Bola api, ukurannya macam-macam bisa sebesar bola golf sampai bola sepak, kadang melayang selama badai , nggak diragukan lagi bakal mengejutkan orang yang mengalami.


Disebut ball lightning, nggak berbau, nggak memancarkan panas, dan sedikit berisik. Ini biasanya menghilang dengan suara ‘pop’ kalau berbenturan dengan barang elektronik kayak TV misal, tapi kadang bisa meledak hebat dan menyebabkan kebakaran. Bukan saja membuat orang2 heran, ilmuwan pun juga, soalnya nggak ada penjelasan ilmiah gimana ini terjadi.

10. Raining Fish and Frogs



Dari California ke England ke India, orang-orang secara berkala melaporkan adanya hujan aneh. Hujan binatang-binatang kecil semacem ikan, kodok, ular kadang-kadang terjadi tanpa diduga, bahkan jauh dari area perairan loh. Tornado di atas air bisa berputar dan membawa serta air, dan apapun yang ada didalamnya, ke atas awan. Angin yang kuat bisa membawa muatan ini ke jarak yang jauh sebelum membuangnya diatas orang-orang yang tidak terduga.



Read more »

5 Kastil Termegah di Dunia




1. KASTIL NEUSCHWANSTEIN
(Inspirasi Sleeping Beauty Disneyland)



Di abad ke 19, kastil ini merupakan tempat masyarakat Bavaria bekerja keras. Letaknya di bukit dekat Hohenschwangau di selatan Bavaria, Jerman. Didirikan oleh Ludwig II dari Bavaria.

Meskipun pengunjung dilarang memotret interiornya, namun kastil ini tetap menjadi tujuan utama turia - turis mancanegara. Sebelumnya Ludwig tidak mengizinkan pengunjung mendatangi kastil ini, tapi setelah kematiannya tahun 1886, bangunan dibuka untuk umum. Hal ini dilakukan untuk membayar sebagian utang Ludwig dalam penyelesaian pembangunannya.

Setiap tahun ada sekitar 1,3 juta pengunjung dengan 6.000 orang per hari di musim panas. Kastil ini juga beberapa kali digunakan sebagai lokasi syuting film dan menjadi inspirasi untuk puri Sleeping Beauty di Taman Disneyland dan Hongkong Disneyland.

2.KASTIL LOWENBURG
Cinderela Abad 20



Kastil yang terletak di Taman Wilhemshole ini disebut juga Kastil Singa. Dibangun oleh LandGrave Wilhem IX dari Hessen Kassel, kastil ini didesain oleh arsitek kerajaan bernama Heinrich Cristoph Jussow yang ahli dan berpengalaman dalam proyek pembangunan bangunan - bangunan di Prancis, Itali, dan Inggris.

Ia juga pernah belajar ke Inggris untuk mendalami gaya bangunan Romantis Inggris. Heinrich juga menggambar rancangan Taman Landgrave. Kastil ini juga merupakan bangunan Neo-Gothic pertama di Jerman. Di bagian belakang terdapat banyak ruangan serta jembatan di bagian depan dan sebuah menara.

Kastil Lowenburg merupakan kediaman pribadi Landgrave Wilhem IX. Taman Landgrave yang ada di dalamnya hampir sama dengan Disney World Tokyo. Tak heran bila Kastil Lowenburg disebut juga sebagai Disneland pada zamannya.

Sebagai bangunanan pertenagahan pertama yang masih bagus kondisinya, kastil ini menjadi pelopor kastil paling terkenal di dunia yang dijuluki Kastil Cinderella Abad 20.
3. MONT SAINT-MICHEL
Di Tengah Pulau


Bangunan monastik ( milik biara ) bergaya arsitektur Gothic ini didirikan abad ke 13 di tengah tengah pulau berbatu di Normandi bernama Mont Saint-Michel, sekitar satu kilometer dari pesisir utara Prancis di mulut sungai Couesnon dekat Avranches. Dari zaman prasejarah, pulau ini tertutup oleh laut, yang terus mundur membentuk lanskap pesisir dalam waktu jutaan tahun.

Pulau ini awalnya terhubung denagn daratan utama melalui sebuah jembatan tanah yang tertutup saat pasang dan terlihat saat surut. Karena itu Mont saint Michel dijuluki Pulau Pasang. Pada 1879, jembatan tanah tersebut dibangun menjadi sebuah causeway.

Seluruh pulau ini merupakan mili biara gereja. Menurut legenda, Malaikat Michael menampakkan diri kepada St. Aubert, Uskup Avranches, pada 708 dan memerintah dia membangun sebuah gereja di pulau tersebut.

4. KASTIL PREDJAMSKI
Menyatu Dengan Gua


Kastil Predjamski terletak sepuluh kilometer dari Gua Postojna, Slovenia. Kastil milik kstria perampok Erazem dari Predjama ini berukuran lebih kecil dan rendah dibanding kastil lainnya. Nama Predjanski diambil dari nama desa yang berada di dekat kastil tersebut. Kastil ini dibangun secara bertahap sejak abad ke-13.

Bangunan sisi kiri didirikan sekitar abad ke-12, sedangkan bagian kanan tahun 1570.
Sudah lebih dari 700 tahun kastil itu bertengger di tebing setinggi 123 meter tersebut. Bagian yang paling menarik dari bangunan adalah tempat tinggal, kapel dan ruang bawah tanah, termasuk senjata, lukisan minyak, dan pieta yang berasal dari tahun 1420.

5. PALACIO DA PENA
Istana Tertua Dengan Gaya Romantisme




Istana Pena National adalah istana tertua yang menginspirasi gaya romantisme Eropa. Kasil ini terletak di Sao Paolo Penferrim, Portugal. Didirikan di atas bukit di kota Sintra dan bila hari cerah istana ini dapat terlihat jelas dari Lisbon, ibukota Portugal. Palacio Da Pena adalah monumen nasional dan merupakan salah satu ekspresi utama abad ke 19 gaya romantisme dunia.

Istana ini konon dibangun setelah adanya penampakan perawan Maria tahun 1943, Kemudian Raja John II menjadikan kastil ini tempat berziarah untuk berziarah sebagai perwujudan janjinya kepada sang istri, Ratu Leonor.

Istana yang masuk dalam daftar Warisan Budaya Dunia UNESCO dan merupakan salah satu dari tujuh keajaiban di Portugal ini, kerap digunakan untuk upacara negara oleh Presiden Republik Portugal dan acara - acara resmi lainnya. Bangunannya merupakan paduan gaya Neo-Gothic, Neo-Manuelisme, Islamic dan Neo- Renaissance dengan selera eksotik romantis.
Read more »

Pernah Tidur Seperti di Tindih Setan ?? Berikut Penjelasanya !!




Pernah terbangun dari tidur, tapi sulit bergerak ataupun berteriak? dont worry, anda tidak sedang diganggu makhluk halus. Ini penjelasan ilmiahnya.


Pada saat mengalami ini biasanya kita akan sulit sekali bergerak dan kemudian ada sedikit rasa dingin menjalar dari ujung kaki ke seluruh tubuh. Untuk bisa bangun, satu-satunya cara adalah menggerakkan ujung kaki, ujung tangan atau kepala sekencang-kencangnya hingga seluruh tubuh bisa digerakkan kembali,biasanya disertai juga dengan munculnya bayangan kegelapan. Hal inilah yang diasumsikan "ketindihan" makhluk halus orang sebagian besar orang.


Sleep Paralysis

Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur

merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh).

Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya. Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit.

Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis. Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien.

Sementara di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas.

Kurang Tidur

Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM). Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan.

Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi. Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya, muncul stres dan terbawa ke dalam mimpi. Lingkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya, Anda bekerja dalam shift sehingga kekurangan tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur.


Meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai. Pasalnya, sleep paralysis bisa juga merupakan pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi. Jika Anda sering mengalami gangguan tidur ini, sebaiknya buat catatan mengenai pola tidur selama beberapa minggu. Ini akan membantu Anda mengetahui penyebabnya. Lalu, atasi dengan menghindari pemicu. Bila tindihan diakibatkan terlalu lelah, coba lebih banyak beristirahat. Kurang tidur pun tidak boleh dianggap remeh. Jika sudah menimbulkan sleep paralysis, kondisinya berarti sudah berat. Segera evaluasi diri dan cukupi kebutuhan tidur. Usahakan tidur 8-10 jam pada jam yang sama setiap malam. Perlu diketahui juga, seep paralysis umumnya terjadi pada orang yang tidur dalam posisi telentang (wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur). Itu sebabnya, kita perlu sering mengubah posisi tidur untuk mengurangi risiko terserang gangguan tidur ini. Nah, jika tindihan disertai gejala lain, ada baiknya segera ke dokter ahli tidur atau laboratorium tidur untuk diperiksa lebih lanjut. Biasanya dokter akan menanyakan kapan tindihan dimulai dan sudah berlangsung berapa lama. Catatan yang telah Anda buat tadi akan sangat membantu ketika memeriksakan diri ke dokter.

Mitos Sleep Paralysis Di Berbagai Negara

Di budaya Afro-Amerika,
gangguan tidur ini disebut the devil riding your back hantu atau hantu yang sedang menaiki bahu seseorang.
Di budaya China,
disebut gui ya shen alias gangguan hantu yang menekan tubuh seseorang.


Di budaya Meksiko,
disebut se me subio el muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.


Di budaya Kamboja, Laos dan Thailand,
disebut pee umm, mengacu pada kejadian di mana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal di alam mereka.

Di budaya Islandia,
disebut mara. Ini adalah kata kuno bahasa Island. Artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat orang itu sesak napas dan mati lemas.

Di budaya Tuki,
disebut karabasan, dipercaya sebagai makhluk yang menyerang orang di kala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil napasnya.

Di budaya Jepang,
disebut kanashibari, yang secara literatur diartikan mengikat sehingga diartikan seseorang diikat oleh makhluk halus.

Di budaya Vietnam,
disebut ma de yang artinya dikuasai setan. Banyak penduduk Vietnam percaya gangguan ini terjadi karena makhluk halus merasuki tubuh seseorang.

Di budaya Hungaria,
disebut lidercnyomas dan dikaitkan dengan kata supranatural boszorkany (penyihir). Kata boszorkany sendiri berarti menekan sehingga kejadian ini diterjemahkan sebagai tekanan yang dilakukan makhluk halus pada seseorang di saat tidur.

Di budaya Malta,
gangguan tidur ini dianggap sebagai serangan oleh Haddiela (istri Hares), dewa bangsa Malta yang menghantui orang dengan cara merasuki orang tersebut. Dan untuk terhindar dari serangan Haddiela, seseorang harus menaruh benda dari perak atau sebuah pisau di bawah bantal saat tidur.


Di budaya New Guinea,
fenomena ini disebut Suk Ninmyo. Ini adalah pohon keramat yang hidup dari roh manusia. Pohon keramat ini akan memakan roh manusia di malam hari agar tidak menggangu manusia di siang hari. Namun, seringkali orang yang rohnya sedang disantap pohon ini terbangun dan terjadilah sleep paralysis.
Read more »

11 Jalan Paling Mengerikan Di Dunia




Didunia ini banyak sekali jalan - jalan yang terisolir atau rusak karena tanpa adanya perhatian dari pemerintah dari negara - negara tersebut. berikut ini adalah jalan - jalan terekstrim didunia :


1. The Death Road (Bolivia)


Yungas Road sebelah utara yg dikenal sbg Death Road (Jalan Kematian) terletak di km 61 s/d 69 dari kota La Paz menuju ke Coroico (Ibukota Bolivia, wilayah Amazon) di propinsi Yungas, Bolivia. Di thn 1995 Inter American Development Bank menjulikinya sbg Jalan Kematian. Diperkirakan 200-300 orang per tahun meninggal saat melintasi jalur ini.
Di akhir tahun 2006, setelah dibangun selama 20 thn, sebuah jalan lintas (by pass) dari La Paz menuju Coroico akhirnya bisa dipakai. Akibatnya Jalan Kematian ini tidak lagi seramai dulu. Bisa ditebak, tingkat kecelakaan-pun menurun.



Di akhir tahun 2006, setelah dibangun selama 20 thn, sebuah jalan lintas (by pass) dari La Paz menuju Coroico akhirnya bisa dipakai. Akibatnya Jalan Kematian ini tidak seramai dulu lagi. Bisa ditebak, tingkat kecelakaan-pun menurun.


2. Guoliang Tunnel Road (China)

Jalan di gunung Taihang dibangun oleh penduduk setempat. Selama lima tahun, terowongan dengan panjang 1,2 km, tinggi 5 meter dgn lebar 4 meter ini dibangun. Beberapa orang meninggal dlm kecelakaan selama pembangunan jalan tsb. Terowongan tsb akhirnya dibuka pada tgl 1 Mei 1977. Letaknya di propinsi Hunan, RRC.




3. Ruta 5: Arica to Iquique Road (Chile)

Jalanan dari Afrika menuju Iquique ini terkenal berbahaya. Saat kita berkendara dgn kencang, maka angin dari samping yg amat kencang bisa mendorong mobil kita terjun ke lembah yg dalam.



Apalagi saat ada yg menyalip, maka kekuatan angin akan semakin berlipat. Karena letaknya di tengah padang pasir, maka seringkali muncul halusinasi yg bisa menipu pandangan para pengendara. Oleh karena itu untuk bisa selamat dari jalanan ini dibutuhkan konsentrasi yg berlebih dlm berkendara.

4. Siberian Road to Yakutsk (Russia)

Jalan raya yg menghubungkan Moscow dgn Yakutsk ini terkenal paling dingin sedunia di luar benua Antartika. Oleh karena itu jalan ini tdk bisa diaspal. Akibatnya bisa diduga. Saat musim panas tiba, hujan yang turun akan menyebabkan jalan menjadi rusak parah.










5. Sichuan-Tibet Highway (China)

Jalan raya Sichuan-Tibet memiliki kemiringan yg tinggi, yaitu d i daerah antara Chengdu dan Tibet. Tanah longsor dan salju longsor seringkali terjadi di daerah ini, yg menjadikan jalanan ini menjadi sangat berbahaya.





6. James Dalton Highway (Alaska)

Jalan raya James Dalton memiliki panjang 414 mil dan terbuat dari batu2 gravel. Jalan ini menuju ke arah utara dari Livengood (keluar dari Jalan Raya Elliott), melalui padang es kutub utara menuju ke jalur paling utara dari Alaska.


Jalanan ini dipakai utk menyuplai tambang minyak Prudhoe Bay, shg di sini akan sering anda temui traktor2 serta trailer2 berukuran besar. Setiap kali mrk lewat akan menyebabkan batu2 beterbangan. Hampir semua perusahaan rental mobil tdk memperbolehkan mobil2 mrk dipakai melintasi jalan ini.


Kombinasi antara batu2 gravel yg licin (baik akibat es ataupun lumpur) serta batu2 dan debu beterbangan yg menyebabkan pandangan sama sekali tertutup mengancam keselamatan anda. Jgn sekali2 utk melewati jalan ini, kecuali mobil anda berjenis 4WD serta dilengkapi radio CB, bahan bakar ekstra, ban cadangan, persediaan makanan serta berbagai bekal lain utk survival.




7. Patiopoulo-Perdikaki Road (Greece)

Jalan ini merupakan satu jalur pendek yg sangat ramai, yg membenta ng antara Patiopoulo ke Perdikaki, Yunani. Jalurnya menanjak serta berbahaya krn banyak bagian2 yg rusak serta berbukit2 tanpa penerangan ataupun fasilitas keamanan yg memadai.


Kendaraan yg melintasi bukit seringkali tidak melihat kendaraan lain yg menuju ke a rahnya. Apalagi di jalur ini seringkali dipakai oleh pejalan kaki, ternak, truk, bus dan mobil.



8. Trollstigen (Norway)

Trollstigen yg berarti Tangga Troll (Troll = raksasa dlm legenda Yunani) adalah jalanan yg melintasi pegunungan di Rauma, Norwegia, bagian dari Jalan Nasional Norwegia 63 yg menghubungkan Åndalsnes di Rauma dan Valldal di Norddal.


Daerah ini sering dikunjungi turis krn terdiri dari jalur2 pendek yg berkelok2 secara tajam. Walaupun beberapa tahun belakangan sudah diperlebar, kendaraan yg lebarnya melebihi 12,4 meter dilarang melintasi jalan ini. Di puncak jalan ini terdapat lahan parkir yg cukup luas.


Dari lahan parkir tsb kita bisa berjalan kaki selama 10 menit ke sebuah balkon utk menikmati pemandangan jalan berkelok2 serta air terjun Stigfossen yg tingginya 320 meter.

9. The A682 Road (England)


Jalur A682 di antara persimpangan 13 dari jalur M65 dengan Long Preston mrpk jalanan terparah di Inggris Raya. Dilaporkan bahwa telah terjadi sekitar 100 kecelakaan di jalur ini selama 10 tahun belakangan. Jalur sepanjang 14 mil di Yorkshire utara ini telah mengakibatkan terjadinya 22 kecelakaan yg sangat fatal selama 3 tahun belakangan. Jalur ini sangat disukai para pengendara motor, apalagi utk berkendara di Minggu pagi.


(sori, cuman segitu aja keterangan yg gw dapet. Mnrt gw sih masih lebih parah jalanan di Indonesia. Sayang, ngga disebutkan apa yg jadi sebab seringnya timbul kecelakaan di sana) 

10. Stelvio Pass Road Trollstigen (Italy)



Jalan beraspal kedua tertinggi di sepanjang jalur pegunungan Alpen setelah jalan Col de l'seran (2770 m). Stelvio Pass Road menghubungkan Valtellina dengan bagian atas lembah Adige dan Merano. 
Letaknya di pegunungan Alpen yg masuk ke Italia, dekat Bormio dan Sulden, 75 km dari Bolzano, dekat perbatasan negara Swiss.Walaupun kurang begitu berbahaya dibandingkan jalanan yg lain, tetap saja jantung kita akan berdebar2 saat melintasi jalan ini. Dengan 48 buah kelokan2-nya yg tajam, jalanan ini dijuluki sebagai salah satu jalan berkelok terpanjang yg paling bagus.

11. Jl. Peromasan Km 1 - 10 Kec. limbangan Kab. Kendal , Jawa Tengah ,Indonesia

Jl. Peromasan membentang sepanjang desa Margosari Sampai desa paling Kecil Desa Peromasan di Gunung Ungaran. Jalan Ini Melewati beberapa Desa Yaitu Margosari, Tanggul Angin, Sekikik, Gedongan, Gempol, Gunung Sari, Medini , Peromasan. Jalan yang dijuluki "KALI ASAT" atau dalam bahasa indonesia berarti "Sungai yang sudah Tidak ada airnya" kenapa disebut seperti itu?? karena jalannya berupa batu2an yang ditata tetapi sudah rusak karena di lewati oleh truk2 fuso dan dibanjiri air hujan. Namun dari kekurangan tersebut tersirat keindahan alam kebun teh yang menghipnotis mata kita sehinggah hati dan perasaan menjadi betah dan nyaman serta damai jika kita berhenti sejenak disitu. Maka yang baru patah ahti hendaknya kami sarankan untuk main kedaerah kebun teh ungaran ini.
ok mari kita liat kondisi ditahun baru ini...



Maaf jika hanya dua..besuk saya akan mengupdatenya..itu adalah gambaran dari sebuah jalan yang indah...silahkan jika mau kesitu...

catatan : GEMPOL adalah markas admin alias rumah admin..hehehe
Read more »

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...